Hari Ini, KSAL Ade Supandi Beri Kuliah di UB

0
3
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Ade Supandi (istimewa)

MALANGVOICE – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Ade Supandi, hari ini (8/12), mengunjungi Malang dalam rangka memberikan kuliah tamu kepada mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Berdasarkan rilis yang diterima Mvoice, beberapa menit lalu, Ade akan memberikan kuliah tamu terkait masalah rekonstruksi atau membangun kembali budaya maritim untuk mempersatukan Bangsa Indonesia.

Dalam rilisnya, Ade mengatakan, sektor kelautan menjadi sangat penting, karena Indonesia menjadi poros maritim dunia.

“Untuk menjadi poros maritim dunia, Indonesia harus melakukan beberapa hal, yaitu membangun kembali budaya maritim, menjaga dan mengelola sumber daya laut, memprioritaskan pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, membangun diplomasi maritim, dan membangun kekuatan pertahanan maritim,” kata dia.

Ade Supandi sendiri merupakan KSAL yang dilantik akhir tahun lalu, menggantikan Laksamana TNI Marsetio yang memasuki usia pensiun.

Ia mengawali karirnya di Angkatan Laut saat menjadi taruna AAL pada 1980, dan lulus pada 1983. Pada 1986 Ade melanjutkan pendidikan pada Suspadiv dan Kursus CTT & NBCD di Belanda, dan pada 1988 mengikuti pendidikan CICWO & ASW Officer Course di USA.

Berbagai penugasan sudah dijalankan Ade Supandi, di antaranya menjadi Asisten Operasi Gugus Tempur Laut Koarmabar, Komandan Satuan kapal Amfibi, Komandan Pendidikan Operasi Laut, Gubernur AAL, Asisten Perencanaan dan Anggaran Kasal, dan terahir menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, sebelum akhirnya dilantik sebagai KSAL oleh presiden Jokowi.