Hari Ini Jalur Undangan Dibuka, UMM Sediakan Beasiswa

0
72

MALANGVOICE-Mengawali 2016, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuka penerimaan mahasiswa baru khusus jalur undangan, Senin (4/1). Pendaftaran dilakukan secara online di pmb.umm.ac.id, mulai dibuka pukul 08.00 wib. Kepala UPT Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM, Dr Ermanu Azizul Hakim MT mengatakan, jalur undangan ini terbuka untuk semua fakultas, kecuali kedokteran.

Rilis yang dikirim Humas UMM, menyebutkan, untuk mendaftar melalui jalur undangan dapat ditempuh melalui dua pilihan, jalur prestasi akademik dan minat bakat atau non-akademik.

Hari Ini Jalur Undangan Dibuka, UMM Sediakan Beasiswa 2“Mereka yang menggunakan jalur prestasi akademik rerata rapor dari semester 1 sampai 5 adalah 75.00. Sedangkan untuk jalur minat bakat atau non-akademik adalah siswa yang berprestasi dalam bidang olahraga, seni, karya ilmiah, atau keagamaan minimal di tingkat kota atau kabupaten dan dibuktikan dengan piagam penghargaan,” tutur Ermanu.

Syarat pendaftarannya pun mudah. Menurut informasi yang dimuat di laman pmb.umm.ac.id, calon mahasiswa hanya membayar pendaftaran sebesar Rp300 ribu, kemudian fotokopi rapor semester 1 hingga 5 yang dilegalisasi kepala sekolah bagi pendaftar jalur prestasi akademik, fotokopi piagam atau sertifikat prestasi non-akademik bagi pendaftar jalur minat bakat atau non-akademik, pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak dua lembar, dan khusus Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) melampirkan surat keterangan sehat dan tidak buta warna.

“Setelah melakukan pendaftaran secara online di pmb.umm.ac.id, bukti transfer pendaftaran asli, formulir cetak hasil online, dan semua syarat pendaftaran dimasukkan dalam amplop coklat dan dikirim ke alamat UPT PMB UMM via pos. Jika satu sekolah misalnya mendaftarkan lebih dari satu siswanya ke UMM, pengiriman berkas dapat dilakukan secara kolektif atau bersama-sama,” jelas Ermanu.

Bagi camaba yang lolos melalui jalur undangan, akan mendapatkan beasiswa bebas biaya SPP semester I, kecuali Fikes mendapat potongan 50 persen dari SPP semester I.

“Pendaftaran ini dibuka sampai 8 April mendatang. Semua ketentuan pendaftaran terdapat di web pmb.umm.ac.id. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai pendaftaran mahasiswa baru, dapat menghubungi call center UPT PMB UMM di 0341-463513, sms center UPT PMB UMM di 085215219000 dan 085755776373, atau bisa datang langsung ke kantor UPT PMB UMM Jl. Raya Tlogomas no. 246 Malang,” kata Ermanu.

Jalur Undangan merupakan salah satu pilihan pendaftaran masuk UMM yang sengaja dibuka lebih awal agar memperoleh bibit-bibit mahasiswa unggul yang jelas-jelas memilih UMM sebagai pilihan utama dan pertamanya.

Selain jalur ini, calon mahasiswa juga bisa mendaftar di jalur reguler yang dibuka tiga gelombang. Gelombang I 7 Maret hingga 6 Mei, Gelombang II 16 Mei hingga 22 Juli dan Gelombang III pada 1 hingga 19 Agustus. Khusus untuk gelombang III ini, tidak semua prodi akan dibuka karena menyesuaikan kuota yang masih tersedia.