Hari Guru Nasional, OASE Gandeng BPJS Kesehatan Gelar Papsmear Gratis

0
86
Semua guru periksa dini kanker serviks
Semua guru periksa dini kanker serviks

MALANGVOICE – Memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November 2016, Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja bekerja sama dengan BPJS Kesehatan menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan IVA/Papsmear serentak.

Acara itu digelar di 10 titik lokasi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan berlangsung hingga 4 Desember nanti. Acara ini merupakan kegiatan preventif bagi peserta JKN-KIS untuk menekan jumlah penderita kanker serviks.

Menunggu antrian untuk diperiksa
Menunggu antrian untuk diperiksa

Humas Kegiatan, Putra Wiranjaya, mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan wujud apresiasi bagi para guru di Indonesia yang telah berjasa meningkatkan kualitas pendidikan bangsa.

“Melalui kerja sama dengan OASE Kabinet Kerja, Kemendikbud, Kemenkes, BPJS Kesehatan melayani deteksi dini kanker serviks seluruh guru perempuan dan istri guru peserta JKN-KIS,” paparnya.

Layanan pemeriksaan IVA/Papsmear ini bisa diperoleh gratis, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Mengisi administrasi dulu
Mengisi administrasi dulu

Untuk wilayah Malang Raya, pemeriksaan Papsmear dapat dilakukan di Laboratorium yang ditunjuk oleh BPJS Kesehatan Cabang Malang, yaitu : Laboratorium Bromo (Jl. Bromo No. 49 Malang) dan Laboratorium Pattimura (Jl. Pattimura No. 17 Malang).

Adapun persyaratan medis yaitu Guru wanita dan Istri Guru yang sudah menjadi peserta JKN-KIS, sudah atau pernah menikah, tidak dalam keadaan haid serta tidak melakukan hubungan intim selama kurang lebih 2 hari sebelum pemeriksaan, tidak dalam sedang infeksi berat, misal : keputihan.

Sedangkan persyaratan administrasi yaitu : Membawa asli dan fotocopy Kartu JKN (kartu BPJS Kesehatan/KIS/kartu eks Askes/E-ID BPJS Kesehatan) dan identitas diri (KTP/KK/SIM) serta mengisi formulir permohonan pelaksaan pemeriksaan papsmear.