Harga Emas Meredup, Kini Rp 545 Ribu per Gram

0
16
Emas perhiasan cenderunlwbih stabil ketimbang emas batangan. (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – Harga emas Antam kembali mengalami penurunan. Kali ini logam mulia itu turun sekitar Rp 2000 dari posisi terakhir sebelum Natal. Dilansir dari situs logam mulia, harga emas 24 karat diposisi Rp 545 ribu per gram dengan buyback price Rp 470 ribu per gram.

“Ada penurunan sekitar Rp 2000 per gram sejak dari tanggal 23 Desember lalu,” kata Marketing Bulan Purnama Pasar Besar Malang, Ahmad Wawan.

Jika harga emas batangan turun, maka harga emas perhiasan cenderung stabil. Setelah sempat turun Rp 10 ribu, kini emas perhiasan dengan kadar 24 karat dijual dengan harga Rp 525 ribu per gram.

“Dengan buy back dipotong 7 persen dari harga pasar,” kata Wawan.

Pria yang akrab disapa Wawa itu menambahkan, untuk emas perhiasan, ada beberapa pilihan kadar karat, mulai dari 18 karat, 23 karat, hingga 24 karat.

“Untuk emas 23 karat harganya Rp 500 ribu, sedangkan emas 18 karat seharga Rp 425 ribu,” kata Wawa.

Ia menambahkan, penurunan harga memang cenderung terjadi di penghujung tahun. Tak hanya harga emas yang turun, penjualannya pun tak bergairah. Konsumen yang datang lebih banyak yang menjual kembali ketimbang yang membeli emas.

“Tujuh puluh lima persen menjual kembali. Hanya sedikit yang membeli. Mungkin uangnya dipakai untuk biaya liburan atau pendanaan sekolah karena sebentar lagi sudah masuk semester baru,” urainya memprediksi.