Harga Cabai Mengekor Bawang Merah

0
23
Cabai merah di lapak pedagang Pasar Besar Malang. (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – Selain bawang merah, kenaikan komoditas juga terlihat pada cabe. Saat ini harga cabai merah sebesar Rp 35 ribu per kg. Atau naik sekitar Rp 17 ribu dari bulan lalu. Hanya saja kenaikannya tidak terjadi secara cepat, melainkan merambat sekitar Rp 2000 dalam periode beberapa hari.

“Harga cabai merah sekarang cukup mahal. Sekarang Rp 35 ribu per kg. Cabai keriting juga naik dari Rp 20 ribu di awal bulan, jadi Rp 32 ribu untuk saat ini,” kata Nurul Hasana, salah satu pedagang di Pasar Besar Malang.

Jumiati, pedagang Pasar Pakisaji menambahkan, hampir sama dengan bawang merah, pasokan cabai juga menipis bersamaan dengan datangnya musim penghujan. Hanya saja, kenaikannya tidak secepat bawang merah.

“Pasokannya menipis, tetapi masih mencukupi kebutuhan pembeli, jadi naiknya tak terlalu cepat,” kata perempuan berjilbab ini.

Ia menambahkan, jika berkaca pada musim panen, kemungkinan harga masih akan terus naik sebab musim penghujan masih baru mulai sehingga ada kemungkinan panen petani tak maksimal.

“Kalau hujan, panen sedikit dan kualitasnya tak terlalu bagus. Biasanya seperti itu,” kata Jumiati.