Hanya 30 Menit, Diabetes Melitus Terdeteksi

0
103
Hanya 30 Menit, Diabetes Melitus Terdeteksi

MALANGVOICE – Diagnostik Kit GAD65 merupakan rapid test untuk mendeteksi Diabetes Melitus (DM) tipe 1 dan 1.5 yang berbasis reverse flow immunochromathography technique. Pada kit ini, deteksi dilakukan terhadap autoantibodi GAD 65 yang merupakan marker (tanda) dini kerusakan sel beta pankreas.

Ketua tim peneliti GAD 65, Prof Dr drh Aulani DES, autoantibodi terdapat dalam serum seseorang akibat adanya kesalahan pengenalan GAD65 sebagai zat asing.

Ini dia diagnostic GAD 65 (anja)
Ini dia diagnostic GAD 65 (anja)
Kit ini bisa mendeteksi autoimun diabetes sehingga dapat dilakukan pada bayi dan anak-anak yang memiliki riwayat penderita DM dalam keluarganya.

“Karena kalau yang dewasa baru mendeteksi DM biasanya untuk mengembalilan kondisi tubuh menjadi normal sangat susah. Makanya, kalo sejak dini sudah terdeteksi, kan anak ini bisa diarahkan pola makan dan hidupnya, biar tidak memperparah atau berlanjut ke penyakit DM-nya,” papar Dekan Fakultas Kedokteran Hewan UB ini.

Cara mendeteksinya pun mudah butuh waktu 30 menit saja. Pertama, teteskan serum (darah) sebanyak 20 Ml pada alat. Kemudian teteskan cairan buffer yang sudah disediakan satu set bersama alat.

Setelah itu, akan muncul hasil berbentuk garis merah pada alat. Dua garis merah menandakan positif DM sedangkan satu garis merah menandakan negatif.

“Sekilas mirip test pack kehamilan, bedanya kita enggak pakai hormon tapi serum darah dari pembuluh darah vena. Jadi yang melakukan proses tes ini harus tenaga medis,” katanya.