Hadapi FLS2N, 100 Siswa Kota Malang Pemusatan Latihan di Batu

0
153
Beberapa siswa yang latihan menghadapi FLS2N (fathul)
Beberapa siswa yang latihan menghadapi FLS2N (fathul)

MALANGVOICE – Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jawa Timur akan digelar akhir Mei ini. Sebanyak 100 siswa Kota Malang yang dipersiapkan untuk itu menjalani pemusatan latihan di Hotel Purnama Kota Batu.

Kota Malang sendiri akan mengikuti 16 cabang lomba di tingkat SMP, seperti vocal group, solo vocal, poster, seni kriya, cipta puisi, baca puisi, tari, desain batik, hingga musik tradisi.

Sementara untuk tingkat SMA, Kota Malang mengikuti 10 cabang perlombaan seperti cipta dan baca puisi, lomba film pendek, tari, kriya, poster, dan band akustik.

“Mereka akan menjalani pemusatan latihan selama 3 hari, sejak Kamis hingga Sabtu besok,” kata Kasi Kelembagaan Dinas Pendidikan, Diah Kristiana, saat ditemui MVoice di sela-sela latihan.

Pemusatan ini sendiri, lanjutnya, baru dilakukan Kota Malang sejak 2 tahun terakhir. Karena prestasi Kota Malang menjadi taruhan, sehingga siswa harus benar-benar dibina dengan diberi anggaran yang memadai.

“Selama ini pelatihannya diserahkan ke sekolah, sehingga mereka tidak terpantau maksimal oleh dinas. Misalnya ada yang tidak siap sehingga kalah, itu menjadi evaluasi dari kami,” imbuhnya.

Mengantisipasi segala kemungkinan, pihak dinas juga mengikutsertakan siswa Juara 2 dalam FLS2N di tingkat kota. Sebagai cadangan, siswa itu akan diikutkan ketika pemain utama mengalami gangguan.

“Kota Malang punya track record yang bagus dalam perlombaan seperti ini. Karena itu, harapannya seluruh cabang menghasilkan juara seperti tahun-tahun lalu. Apalagi kita tak jarang menang sampai tingkat nasional,” tandasnya.