Hacker Mengintai, Awas Kloning PIN BBM!

0
205
Penipuan minta pulsa di BBM

MALANGVOICE – Hati-hati bagi pemilik akun BlackBerry di ponsel berbasis Android, yang PIN BB-nya didaftarkan melalui email. Saat ini muncul modus penipuan baru dalam bentuk kloning PIN BBM.

Akun palsu yang mengatasnamakan salah satu kontak teman kita, salah satunya digunakan untuk meminta pulsa dalam jumlah tertentu untuk dikirim ke nomor asing.

Seperti dialami Rudy Alamsyah. Warga Pakisaji. Awalnya ia mengaku bingung, saat salah satu temannya menagih uang pulsa yang dikirim ke nomor tertentu sesuai permintaan Rudy.

“Saya nggak merasa minta pulsa, jadi saya bingung. Setelah itu nggak cuma satu orang, beberapa teman juga mengaku diminta tolong mengirimkan pulsa oleh PIN BBM yang mengatasnamakan saya,” cerita dia.

Menanggapi itu, teknisi ponsel, Fatkhul Korip, menjelaskan, ia juga sempat menjadi korban BBM kloning dan akun palsu yang mengatasnamakan dirinya, yang mengirimkan permintaan pengiriman pulsa senilai Rp 100 ribu. Beruntung, beberapa kontak BBM miliknya menyadari keanehan dan membaginya di grup.

“Waktu dishare di grup whatsapp, baru ketahuan. Saya langsung bikin status pengumuman,” kata dia.

Korip menjelaskan, hacker membobol ID BBM dan password miliknya saat ponselnya mati alias tidak terkoneksi dengan server BB. Pada saat ponsel dalam kondisi mati, hacker memasukkan ID ke ponsel lain, sehingga kontak pemilik asli akun tersebut akan ter-copy seluruhnya ke akun palsu.

“User ID di BBM dan Facebook sama, sehingga hacker bisa membobol dengan mudah. Solusinya, jangan sampai ponsel mati atau jika mati usahakan tidak terlalu lama,” jelas dia.

Korip juga mengingatkan agar jika terdapat broadcast mencurigakan seperti link berbau pornografi di facebook, sebaiknya jangan dibuka, karena link itu akan menyerap atau melihat password akun yang membukanya.

“Mengganti password secara berkala juga bisa menjadi solusi untuk mencegah kloning akun BBM,” pungkas dia.