Gus Wahid Pandu Baca Syahadat Warga Eks Gafatar

0
166
Gus Wahid saat membopong bayi anggota eks Gafatar
Gus Wahid saat membopong bayi anggota eks Gafatar (istimewa)

MALANGVOICE – Warga eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Asrama Dinas Sosial, Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, dibimbing membaca dua kalimah syahadat oleh Pengusuh Pondok Pesantren As Salam Singosari, KH Abdul Wahid Ghozali.

Lelaki yang akrab disapa Gus Wahid ini mengatakan, eks Gafatar warga Kabupaten Malang, tidak mengerti apa-apa soal ideologi Gafatar. Mereka hanya ikut-ikutan sehingga bisa dikatakan korban.

“Kita bimbing membaca syahadat agar mereka kembali teguh memegang Agama Islam. Apalagi mereka hanya jadi korban, ikut-ikutan saja ke Gafatar,” ungkap Gus Wahid.

Ia sendiri berharap agar sekembalinya eks Gafatar ke tempat tinggalnya masing-masing, bisa diterima dan berbaur dengan masyarakat.

“Mereka butuh dukungan moral, bukan sekedar dikembalikan ke daerahnya lalu selesai. Seluruh warga harus menunjukkan kalau di kampung sendiri lebih baik, sehingga mereka tak kembali ke Gafatar,” tambahnya.

Usai memandu pembacaan syahadat, Gus Wahid dengan akrab berbincang dengan warga di sana. Ke beberapa anak kecil, Gus Wahif juga bercanda, bahkan menggendongnya.

“Semoga kelak menjadi generasi penerus bangsa yang berbakti dan berguna,” ucap Gus Wahid sambil mendoakan (menyuwuk) kepala salah satu anak kecil bernama Andi.