Guruku Pahlawanku…

0
57

Oleh: Dian Rahayu Safitri *)

MALANGVOICE-Guru dan ilmu merupakan dua sisi yang tak dapat dipisahkan. Guru itu gerbang dari segala ilmu, tidak akan sempurna ilmu seseorang tanpa guru, bahkan besar potensinya untuk sesat atau menyesatkan, bila tanpa guru.

Seperti di tulis dalam kitab ta’lim muta’alim dalam syair Burhanuddin Al-Zarnuji, yang mengatakan, “Engkau tidak akan mencapai ilmu kecuali dalam enam perkara: cerdas, bersungguh-sungguh, sabar, ada bekal, guru yang membimbing (bold), dan waktu yang panjang”.

Syair itu meletakkan guru sebagai syarat mutlak untuk mencari ilmu. Islam sangat memuliakan guru, karena guru dekat dengan ilmu, dan Islam itu penuh dengan ilmu.

Betapa mulia dan pentingnya guru sebagai pembimbing penerus bangsa. Di zaman modern ini guru mempunyai beban mengantarkan murid agar memiliki karakter yang baik, tidak hanya memiliki pengetahuan dunia saja, tetapi juga agama.

Sebegitu besarnya peran guru dalam pembentukan karakter, maka sudah seharusnya kita selalu menghargai jasa-jasa para guru, karena perjuangan dan pengorbanannya yang luar biasa. Guruku Pahlawanku, pahlawan pendidikan bagi anak negeri…

*)PMII Rayon Al-Kindi, Komisariat Unisma