Guru Tata Boga Raih Penghargaan Tingkat Nasional

0
131
Avida Laily (kanan) [anja]

MALANGVOICE – Sayur mayur memang bukan menu favorit bagi sebagian orang.Tapi, di tangan Avida Laily, warga Kelurahan Ngaglik, Batu, sayur mayur bisa disulap jadi kudapan lezat kaya manfaat.

Avida memang bukan chef, namun ia sudah menemukan banyak variasi makanan salah satunya brownies terong. Meski tergolong jenis kue langka, kue ini sudah teruji bermanfaat bagi kesehatan.

“Khasiat terong bisa menurunkan kolestrol dan anti kejang lho,” kata Avida yang sehari-hari juga berprofesi sebagai guru tata boga di SMP Al Izza ini.

Brownies terong Avida juga memiliki kalori yang lebih rendah daripada kalori brownies pada umumnya. Jadi tidak akan menyebabkan gemuk.

Avida juga menemukan menu telor bumbu kecap paprika, sup bakso jamur brokoli, bakso ikan, wedang apel anget, dan lain-lain. Ia akui semua menu tersebut ia temukan saat mengikuti beberapa lomba cipta menu.

Berkat prestasinya, nama Kota Batu semakin terangkat. Pada 2008, kuenya memenangkan lomba cipta menu yang digelar dinas ketahanan pangan Kota Batu. 2014 lalu, ia juga memenangkan Parade Pangan Nusantara tingkat nasional.

Pada 2015 ia menjadi juara 1 lomba cipta menu yang digelar Universitas Brawijaya pada saat merayakan Dies Natalies ke-52. Ia juga pernah diapresiasi Gubernur Jatim Soekarwo dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko karena prestasinya.

Avida kini mengembangkan menu-menu buatannya menjadi bisnis yang menjanjikan. Brownies terong buatannya sudah ia jual hingga ke Timika, Papua, Denpasar, Bandung, dan Jogja.