Guru dan Siswa SMK Diberi Kesempatan Magang di Jerman

0
156
Direktur Festo Asia Pasifik, Volker Schmid dan Safri Susanto. (deny)

LKS Jatim 2015 - MalangMALANGVOICE – Siswa dan guru SMK di Jawa Timur mendapat kesempatan belajar dan praktik kerja di Festo, sebuah industri di Jerman.

Hal itu disepakati setelah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Saiful Rahman dan Direktur Festo Asia Pasifik, Volker Schmid, saat pembukaan LKS SMK se-Jatim 2015 di Graha Cakrawala, siang tadi.

Manager Didactic Festo Indonesia, Safri Susanto mengatakan, usai magang di Jerman nantinya guru dan siswa SMK mendapatkan sertifikasi yang bisa dijadikan modal kerja di luar negeri.

“Sertifikasi itu berlaku internasional. Kami berupaya agar anak guru atau siswa SMK bisa menggunakan kesempatan itu dengan baik,” katanya.

Cara untuk mendapatkan sertifikasi sangat mudah, kata dia, hanya melakukan koordinasi lewat sekolah kemudian menjelaskan kurikulum dan diberi pelatihan.

“Kalau guru yang magang ke sana diharap bisa mempraktikan pembelajarannya pada siswa. Kami mementingkan guru dulu yang diberi sertifikasi,” tuturnya.

Menanggapi kerjasama itu, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, menyambut baik dan menjelaskan Festo adalah perusahaan besar yang membantu pertumbuhan SMK khususnya di Jatim.

“Adanya sertifikasi itu memudahkan anak didik dan guru SMK di mana bisa otomatis diterima dan diserap di perusahaan asing,” ungkapnya.

Festo adalah perusahaan industri komponen berbasis di Jerman. Festo sering membuat peralatan untuk teknologi, seperti tekstil packaging, perakitan kendaraan bermotor, dan beberapa alat elektronik.-