GUNMA CUP, Kompetisi Essay dan Pidato Berhadiah ke Jepang

0
109
poster GUNMA CUP (ist)
poster GUNMA CUP (ist)

MALANGVOICE – GUNMA CUP kembali digelar untuk kedua kalinya. Universitas Brawijaya menjadi lokasi terselenggaranya kompetisi bahasa menulis essay dan pidato Bahasa Jepang mulai 12-13 November nanti.

GUNMA CUP digelar oleh mahasiswa prodi Bahasa Jepang UB bekerja sama dengan IIMS(International Insutitute for Multiculcural Studies), sebuah oganisasi non-profit yang bergerak di bidang hubungan international dan berpusat di Kota Annaka, Prefektur Gunma, sebelah barat Tokyo, Jepang.
Setiap tahun IIMS akan berkunjung ke Kota Malang bersama rombongan mahasiswa Jepang dan melakukan berbagai kegiatan untuk saling bertukar budaya bersama dengan mahasiswa UB.

GUNMA CUP merupakan salah satu kegiatan baru dari IIMS. Gunma Cup adalah ajang seleksi untuk program 多文化交流 (Tabunka Kouryuu) yang akan dilaksanakan selama 10 hari di Gunma, Jepang.

Sistem seleksi GUNMA CUP akan dibagi menjadi 2 kegiatan, yaitu kontes Essay bahasa Jepang dan kontes Pidato Bahasa Jepang. Panitia GUNMA CUP akan menyeleksi peserta dari seluruh Indonesia menjadi 20 peserta dan juara 1 sampai dengan juara 3 akan diundang ke Gunma pada Gebruari 2016 untuk ikut serta dalam program 多文化交流 (Tabunka Kouryuu).

Selama GUNMA CUP berlangsung, Presiden IIMS Mr.Takao Ota dan 8 orang maasiswa Jepang akan datang ke kota Malang sebagai panitia dan Juri. Sementara untuk Staff GUNMA CUP dibagi menjadi 2, yaitu Staff Jepang dan Staff Indonesia, di mana Staff Indonesia adalah beberapa Dosen dan Mahasiswa jurusan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya.

GUNMA CUP memberi kesempatan mahasiswa Indonesia berkunjung dan belajar ke Jepang, mewujudkan lingkungan multikultural dan mempromosikan Gunma, salah satu situd warisan dunia UNESCO.

Gunma adalah pusat industri sutra di Jepang. peninggalan gedung-gedung pabrik, perkotaan dan tempat budidaya kepompong(FUKETSU sejenis goa dimanfaatkan untuk rumah kepompong).