GSKB Bentuk Karakter Cinta Lingkungan Sejak Dini

0
64
Anak-anak sesaat sebelum melakukan penanaman pohon. (istimewa)

MALANGVOICE – Yayasan Gerakan Sadar kebaikan Buku tadi siang menggelar kegiatan Program Kampung Iklim (Proklim) dengan tema Hijaukan Bumiku, Hijaukan Desaku.

Pada kegiatan itu GSKB mengajak anak-anak dari berbagai sekolah untuk melakukan penghijauan dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon yang jatuh hari ini.

Dalam acara itu, sedikitnya 150 peserta ikut ambil bagian. Mereka berasal dari berbagai kalangan seperti pelajar SDN Tawangsari 01, SDN Tawangsari 02, SMPN 02 Tawangsari, MI 01 Tawangsari, MTS 01 Tawangsari, mahasiswa fisioterapi UMM, anak-anak panti asuhan Aisyiyah Reverside, kader lingkungan Tawangsari, karang taruna, hingga anak-anak pondok pesantren di sekitar Tawangsari.

“Selain untuk melestarikan sumber mata air, kegiatan ini juga bentuk dari membangun kesadaran menghargai lingkungan kepada generasi muda,” jelas Pembina GSKB, Suwanto.

Ia melanjutkan, acara yang digelar di lapangan bola Tawangsari, Desa Tawangsari, Kecamatan Pujon tersebut menggandeng beberapa elemen terkait, salah satunya adalah kader lingkungan Tawangsari.

Bukan sekadar seremonial, namun kegiatan tersebut diharapkan juga memiliki efek jangka panjang baik terhadap lingkungan maupun kepada generasi muda yang ambil bagian di dalamnya.

“Program ini bentuk edukasi pada adik-adik selaku generasi muda untuk mencintai lingkungan sejak dini. Indonesia termasuk paru-paru dunia. Bayangkan jika kita tiap harinya harus mengeluarkan uang untuk membayar oksigen, berapa yang harus kita keluarkan?” ucapnya dengan nada tanya.

GSKB merupakan yayasan yang bergerak di bidang sosial khususnya anak-anak panti. Yayasan dengan anggota dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi ini concern membentuk anak-anak panti yang memiliki jiwa kemandirian.

Oleh karena itu, GSKB secara rutin menggelar kegiatan-kegiatan character building seperti outbond, kelas motivasi, entrepreneur trip, hingga unit bisnis kue yang dikelola anak-anak panti asuhan sendiri.

GSKB sendiri juga membuka bagi para donatur yang memliki misi dan visi sosial yang sama untuk membangun karakter anak oanti asuhan.

Bagi donatur yang ingin berkontribusi mengembangkan GSKB, yayasan tersebut juga membuka donasi di nomor rekening BRI 124701003450538 atas nama Yayasan Gerakan Sadar Kebaikan Buku.