Gigi Ngilu, Ini Solusinya!

0
232

MALANGVOICE – Jika kondisi gigi ngilu sangat menganggu aktifitas makan dan minum Anda, sebaiknya memeriksakan segera ke dokter gigi adalah langkap tepat.

Menurut seorang dokter gigi di Jalan Candi Mendut, Achmad Djamil, ada beberapa hal yang dapat menjadi solusi gigi ngilu atau gigi sensitif. Pertama, gunakan pasta gigi dengan formula khusus gigi sensitif.

“Sebagian odol itu dapat meredam ngilu karena sakit gigi,” kata Achmad.

Selain itu, dokter dapat membuat resep penggunaan flouride untuk digunakan dirumah. Flouride dapat memperkuat email gigi.

Cara lain adalah dengan mengikat atau menebalkan. Permukaan akar gigi yang terpapar dapat ditangani dengan lapisan pengikat (bonding resin) yang diaplikasikan pada akar. Proses ini mungkin membutuhkan bius lokal.

“Cara lain adalah bedah gusi karena akar gigi yang kehilangan lapisan gusi menyebabkan gigi ngilu. Caranya adalah dengan mengambil gusi dari bagian lain dan dipasang di bagian yang hilang tadi,” paparnya.

Cara terakhir dan jika rasa ngilu tidak tertahankan, lanjut Achmad, adalah perawatan saluran akar (root canal). Proses ini dilakukan dengan merawat pulpa gigi.