Genjot Pemanfaatan Anggaran, ER Komunikasi dengan Polres dan Kejari

0
14
Eddy Rumpoko (fathul)

MALANGVOICE – Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, menekankan kepada para pejabat di bawahnya agar tidak takut mengambil langkah-langkah dalam penggunaan anggaran, demi membiayai proyek dan program yang telah direncanakan.

Berdasar apa yang disampaikan para kepala bidang kepadanya, mereka takut akan berkonsekuensi hukum saat ada anggaran yang salah penggunaan. Karenanya, wali kota yang sering disapa ER ini menjamin penggunaan anggaran bawahannya.

“Sepanjang tidak ada rekayasan dan sesuai regulasi yang telah ditentukan, baik Peraturan Menteri atau Peraturan Pemerintah, tidak ada niatan untuk memenjarakan pejabat,” tegas ER demi menghapus kegalauan bawahannya.

Pada penyelenggaraan pemerintaan ini, lanjutnya, Presiden sudah berkomunikasi dengan Kapolri serta Jaksa Agung agar aparat juga mendukung pemerintahan. Caranya dengan tidak langsung menjustifikasi adanya tindak pidana.

“Manakala ada justifikasi, harus ada audit BPK terlebih dahulu. Kalau ada kerugian negara ya dikembalikan, kalau ada kesalahan administrasi ya dibenarkan,” tambahnya.

Karena itu pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Kapolres dan Kajari, agar dua penegak hukum ini bisa mendukung kinerja pemerintahan.