Gelombang PHK 2015 Selesai, Pencairan JHT Lebih Cepat

0
29
Pembangunan rumah menjadi salah satu bidikan pembiayaan BNI Syariah (ilustrasi/fia)

MALANGVOICE – Gelombang PHK pada 2015 yang cukup besar sehingga berdampak pada lonjakan permintaan pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan mulai mengalami penurunan di bulan ini.

Menurut data BPJS, saat ini pengajuan pencairan JHT harian menurun dari rata-rata 150 hingga 200 orang per hari, turun menjadi hanya 70 hingga 100 orang per hari.

“Mulai terlihat ada penurunan di Maret, jumlahnya kadang tak sampai 100, kalau pencairan jaminan lain seperti Jaminan Kematian (JKM) ataupun kecelakaan kerja memang hanya sedikit,” jelas Kepala BPJS Ketenagakerjaan Malang, Sri Subekti.

Ia menjelaskan, di dua bulan pertama 2016, pencairan relatif masih besar karena ada berkas-berkas JHT dari akhir 2015 yang belum terselesaikan sehingga catatan pencairan JHT di Januari dan Februari mencapai Rp 51 miliar.

Penurunan permintaan klaim JHT membuat proses pencairan lebih cepat. Jika bulan-bulan sebelumnya membutuhkan waktu antara 4 hingga 7 hari. Maka sekarang, pengajuan hari ini bisa dicairkan besok.

“Cepat selesai karena tidak ada antrian. Sekarang diajukan dengan berkas lengkap, besok sudah bisa diambil di bank,” tegas dia kepada MVoice beberapa menit lalu.