Gelar Prestasi, Penggalang Pramuka Pamer Bangunan dari Tongkat dan Tali

0
208
Salah satu karya Pramuka Penggalang (fathul)

MALANGVOICE – Sebanyak 33 Kwartir Ranting se Kabupaten Malang mengikuti acara Pesta Siaga dan Gelar Prestasi Penggalang di Stadion Kanjuruhan, Kota Kepanjen, seharian ini.

Mereka akan menggelar berbagai macam loma sesuai dengan tingkatannya. Ditingkat Penggalang misalnya, ada lomba Pionering dengan keterampilan tongkat dan tali temali.

Beberapa siswa pramuka membuat berbagai macam bangunan dari tongkat. Ada yang membuat menara pantau, benteng, hingga kapal dan sebuah rumah-rumahan.

Juri yang menilai pun ingin mengecek kekuatan bangunannya. Di bangunan menara pantau, siswa diminta naik hingga ketinggian 4 meter, untuk membuktikan kekuatan menara.

“Di tingkat siaga ada tiga perlombaan, dan tingkat Penggalang juga ada tiga perlombaan. Kegiatannya hanya satu hari ini saja,” kata Ketua Kwarcab, Suwandi, kepada MVoice.

Selain itu, tingkat Penggalang juga ada lomba karya ilmiah untuk menguji materi-materi kepramukaan. Lalu ada lomba melukis guna mengasah jiwa seni siswa pramuka.

“Kalau di tingkat Siaga ada lomba permainan di masa kita kanak-kanak untuk memupuk kekompakan. Ada lomba bazar juga, kemudian melukis gelas, semua untuk keterampilan,” tandasnya.