Gawat, Gugus V Klojen Temukan Minuman Berbahaya bagi Siswa

0
109
Minuman spray (istimewa)

MALANGVOICE – Gugus V Kecamatan Klojen, melalui ketuanya, Anton Henawanto, hari ini, tanpa banyak bicara mengawasi jajanan anak-anak yang biasa dijual di luar pagar sekolah.

Hasilnya, Anton yang juga Kepala SDN 3 Bareng ini, menemukan sebuah minuman kemasan dalam botol spray berwarna-warni.

Anton menunjukkan botol spray (ist)
Anton menunjukkan botol spray (ist)
Ketika dicicipi, menurut Anton, minuman itu bisa menganggu kesehatan siswa. Warnanya yang mencolok kemungkinan menggunakan pewarna yang tidak alami. Rasanya juga getir dan membuat tenggorokan gatal. Kemungkinan ada bahan penguat rasa atau pemanis buatan dalam minuman itu.

”Minuman spray ini selain warnanya mencolok, juga memiliki rasa yang membuat tenggorokan serik. Bagaimanapun kesehatan siswa tanggung jawab bersama ya,” kata Anton kepada wartawan.

Untuk itu, dia memberikan imbauan pada sekolah-sekolah yang tergabung dalam Gugus V Klojen yaitu SDN Bareng 1, Bareng 2, Bareng 3, Bareng 4, Bareng 5, SD Budi Mulia, SDK Santa Maria 2 dan SDN Gading Kasri Malang untuk melakukan pengawasan langsung terhadap minuman tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah MM mengapresiasi langkah dan juga tindakan yang dilakukan oleh Gugus V Klojen. Kesehatan peserta didik, menurutnya, merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua maupun pihak sekolah.

Zubaidah berharap apa yang dilakukan Gugus V Klojen juga dilakukan berkelanjutan oleh gugus lainnya yang ada di Kota Malang.

“Pihak Disdik pun telah bekerja sama dengan pihak Dinas Kesehatan dalam rangka menciptakan generasi yang sehat melalui berbagai program seperti penyuluhan serta sosialisasi jajanan sehat,” tambah Zubaidah.