Gara-gara 3G, Kampung Kumuh Glintung Berubah Jadi Destinasi Wisata

0
93

MALANGVOICE – Kampung kreatif destinasi wisata bakal bertambah satu lagi. Setelah kampung warna-warni dan kampung tridi, Glintung Go Green (3G) di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing ini, siap menjadi destinasi berikutnya. Mengusung konsep yang berbeda, 3G yang lokasi tepatnya di RT 01, RW 23, menyuguhkan pemandangan serba hijau sesuai namanya.

GlintungKampung yang berbasis gotong royong ini memunyai nama 3G sejak Februari 2013. Awal dibentuknya karena Bambang Irianto, selaku Ketua RW merasa kampung ini sering terkena banjir, kumuh, gersang, angka kriminalitas yang tinggi, serta angka kesehatan warga begitu rendah.

“Maka dari itu, di sini sekarang menggalakkan agro inovasi, hidroponik, vertical garden, biopori, dan sumur resapan” tuturnya saat ditemui di kediamannya, Sabtu (27/8).

Tidak disangka 3G tak hanya menyelesaikan permasalahan kampung, namun dapat membawa dampak positif lain. Selain menjuarai beberapa perlombaan, kampung Glintung sekaligus menjadi pusat studi banding dan kajian dari berbagai daerah.

Glintung2Di sudut-sudut kampung terlihat sayur dan buah-buahan yang ditanam di pot-pot kecil pada tembok.

“Kampungnya ramai sekarang, indah, dan banyak yang ngunjungi. Jadi seneng lihatnya,” tutur salah satu warga, Ahmad Yunanto atau yang akrab disapa Papa Gopal.

Saat ini sebagian besar warga melakukan pembibitan bayam di pot-pot kecil dan ditempel di tembok.

Glintung3Tidak hanya itu, hasil dari pembibitan bayam dapat dipanen oleh warga sekitar untuk diolah menjadi masakan. “Lek ono sing nandur akeh maneh yo gak popo,” tuturnya sembari tertawa.