Gapensi Desak Ada Regulasi Khusus Hadapi MEA

0
48
Mukercab Gapensi

MALANGVOICE – Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Malang, Eddy Wahyono, mendesak pemerintah pusat maupun daerah agar membuat regulasi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) awal 2016 mendatang.

Regulasi dan proteksi itu perlu. Regulasi, kata Eddy, akan memproteksi pengusaha dan iklim usaha. Dengan regulasi, jumlah pekerja asing yang bebas masuk ke Indonesia bisa dikendalikan.

“Gapensi berharap tidak semua orang asing masuk. Mungkin tenaga ahli dulu, jangan langsung pada level pekerja. Ini sangat membahayakan, dan akan jadi ancaman tersendiri bagi pekerja,” kata Eddy Wahyono, kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Namun dia mengakui, kondisi saat ini, para pekerja Indonesia mengalami kemerosotan etos. Di sisi lain, tuntutan kenaikan gaji terus digelorakan. Jika etos ini tidak segera diubah, maka pekerja nasional akan tergerus pekerja asing dengan etos kerja yang baik dan bayaran yang cukup murah.

“Kita harapkan hasil Mukercab bisa merekomendasikan kepada pemerintah agar membuat regulasi yang sifatnya melindungi pekerja, khususnya pengusaha, dari MEA,” tuturnya.-