Gandeng BNN, Lapas Lowokwaru Cuci Otak Napi Narkoba

0
123
Kepala Bidang Pembinaan Lapas Lowokwaru, Agus Heryanto.
Kepala Bidang Pembinaan Lapas Lowokwaru, Agus Heryanto.

MALANGVOICE – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lowokwaru berupaya mencuci otak para narapidana narkoba, sebagai bagian dari upaya rehabilitasi.

Kepala Bidang Pembinaan Lapas, Agus Heryanto, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) memberi penyuluhan dan bimbingan konseling.

“Sudah satu minggu ini kita realisasi untuk cuci otak para napi narkoba, agar mereka benar-benar jauh dari narkoba,” kata Agus.

Cara yang dilakukan adalah dengan menekankan upaya dialogis dengan para napi, agar mereka benci dengan narkoba, dan tidak lagi terjebak barang haram tersebut.

“Perkembangannya cukup signifikan, pola pikir mereka sudah mulai berubah, tapi hasil akhir tetap ada pada warga binaan itu sendiri,” tandasnya.

Ia juga menegaskan, Lapas Lowokwaru zero handphone dan narkoba bagi para napi. Jika ada dugaan pengendalian narkoba dari dalam lapas, pihaknya masih menyelidiki hal itu.

“Memang ada wartel dalam lapas, tapi kita masih telusuri dari situ,” tukasnya.

Tak hanya itu, bagi napi yang masuk kategori Orang Dengan HIV Aids (Odha), Lapas Lowokwaru menempatkan mereka dalam sel berbeda, dan ada dokter yang selalu memeriksa kondisi kesehatan napi.