Gandeng AUT, UMM Gencarkan Publikasi Internasional

0
60

MALANGVOICE – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Auckland University of Technology (AUT) Selandia Baru, kembali bekerjasama. Kali ini kedua pihak kerjasama bidang publikasi internasional dan ASEAN Studies. Perwakilan dari AUT, Lester Finch, disambut Rektor UMM, Fauzan, Asisten Rektor Bidang Kerjasama Luar Negeri, Soeparto, dan Kepala Kantor Kerjasama Luar Negeri (KKLN), Abdul Haris, di Rektorat UMM, Rabu (16/3).

UMM2

Ditemui usai pertemuan, Soeparto mengatakan AUT akan menyelenggarakan workshop publikasi internasional bagi dosen-dosen di UMM akhir Juli 2016. “Nantinya AUT akan mengirimkan dua ahli di bidang publikasi international untuk memberikan pengarahan dan semangat kepada para peserta,” katanya

Workshop akan diikuti 40 dosen UMM yang telah memiliki karya tulis yang menarik untuk dipublikasikan secara internasional. Soeparto berharap, dengan adanya workshop tersebut, semakin banyak dosen UMM yang mampu melahirkan jurnal internasional. “Dari dosen-dosen yang ikut itu diharapkan ada lima sampai sepuluh yang jurnalnya bisa dipublikasikan secara internasional,” imbuhnya.

Sementara itu kerjasama di bidang ASEAN Studies akan direlisasikan dalam seminar ASEAN Community. Seminar ini akan diselenggarakan pada akhir Oktober 2016 di UMM. Soparto memaparkan, dalam seminar tersebut nantinya akan ada 10 pembicara dari negara-negara ASEAN. “UMM akan membantu dari segi akomodasi dan transportasi domestik, dan AUT akan mengundang negara-negara ASEAN tersebut,” terangnya.

Kerjasama dengan AUT ini melengkapi berbagai kerjasama internasional yang sudah terjalin di UMM. Soeparto berharap, kerjasama ini akan berlanjut dan berkembang lebih luas. “Mudah-mudahan kerjasama bisa berlanjut dan bisa meluas di berbagai bidang pengembangan,” pungkasnya.