Game Minecraft Masuk Kurikulum Pendidikan di AS

0
200
Coding untuk anak-anak (shutterstock.com)

MALANGVOICE – Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS), Microsoft, mengumumkan kerjasama dengan Code.org, yang akan membawa Minecraft ke dalam kurikulum pendidikan di AS.

Mojang, pengembang studio game yang berbasis di Swedia yang menonjol karena karyanya Minecraft, diakuisisi oleh Microsoft dengan nilai US$ 2,5 miliar pada tahun lalu.

Didirikan pada tahun 2013, Code.org merupakan organisasi nonprofit bertujuan untuk mendorong penyerapan ilmu komputer di sekolah-sekolah, dan juga menawarkan pelajaran coding melalui website yang dikelolanya sendiri.

Sekarang, Code.org menawarkan Minecraft coding tutorial untuk menandai kampanye tahunan ketiga Hour of Code, yang akan berlangsung dari 7-13 Desember, selama Pekan Pendidikan Ilmu Komputer (Computer Science Education Week).

Kurikulum ini ditujukan untuk pelajar berusia enam tahun ke atas, tutorial tersebut memperkenalkan para programmer pemula untuk dasar-dasar pengkodean (coding) dalam platform Minecraft. Mereka kemudian diberi satu set terdiri dari 14 tantangan untuk menggali konsep coding yang mereka pelajari selama tutorial.

Ceo Microsoft, Satya Nadella, berharap misi adalah memberi bekal bagi para pemuda dengan pemikiran komputasi dan kemampuan problem solving.

Dengan ‘Minecraft’ dan Code.org, lanjut Nadella, Microsoft bertujuan untuk memicu kreativitas dalam generasi berikutnya inovator dengan cara yang alami, kolaboratif dan menyenangkan. Demikian dikutip dari Venture Beat, Selasa (17/11/2015).

sumber: venturebeat.com