Galakkan Giat Membaca, KKN 04 Gaet Perpustakaan Daerah Sampang

0
23
(antusias) anak-anak sedang mmilih buku di mobil perpustakaan mini

MALANGVOICE – Divisi Pendidikan dan Keagamaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 04 Universitas Muhammadiyah Malang bersama Perpustakaan Daerah Kabupaten Sampang menggelar Perpustakaan Keliling di SDN Komis 1, Desa Komis, Kecamatan Kedundung, Kabupaten Sampang.

keriuhan anak-anak di perpustakaan kelling

IMG_20160805_100302

1470390107407

Kegiatan yang berlangsung pada hari Jum’at (5/8) merupakan salah satu serangkaian program kerja divisi Pendidikan dan Keagamaan yakni Perpustakaan Mini yang kemudian mendapat tanggapan dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Sampang.

Penanggung Jawab program kerja Perpustakaan, Ella Citra Ferdina, mengatakan, tujuan diadakan program ini untuk meningkatkan minat baca anak-anak usia sekolah.

“Sebenarnya pendidikan di Desa Komis sudah ada namun belum maksimal terutama fungsi perpustakaan dalam sekolah. Padahal pendidikan yang baik tak hanya didapat dari pengajaran namun juga dari membaca buku,” kata Ella dalam rilis yang diterima MVoice.

1470390095236

Acara Perpustakaan Keliling ini mendapat sambutan yang cukup antusias. Mobil Perpustakaan Keliling datang tepat pada pukul 08.00 wib dan langsung dikerubungi oleh siswa-siswi SDN Komis 1.

(antusias) anak-anak sedang mmilih buku di mobil perpustakaan miniRenaningsih, selaku Kepala Sekolah SDN Komis 1 mengaku sangat senang dengan adanya program Perpustakaan Keliling yang bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah. Karena selama ini SDN Komis 1 mendapat jadwal perpustakaan keliling hanya 2 kali dalam setahun mengingat padatnya sekolah se-Kabupaten Sampang jadi perlu bergantian.

“Sangat senang karena teman-teman KKN menfasilitasi siswa-siswi kami dengan perpustakaan keliling langsung dari Perpusda,”‘ungkap perempuan paruh baya berkacamata tersebut

Sebenarnya, sedari awal divisi Pendidikan dan Keagamaan datang ke SDN Komis 1 untuk menggelar perpustakaan mini hasil donasi buku kawan-kawan, siswa-siswi sudah amat antusias namun dikarenakan buku hasil donasi yang terbatas, membuat siswa-siswi selalu berebut buku. Sehingga divisi Pendidikan dan Keagamaan berinisiasi melakukan kolaborasi dengan Perpustakaan Daerah kabupaten Sampang.

Taufiqurrahman, Staf bagian pelayanan Perpustakaan Daerah, yang turut serta dalam Program Perpustakaan Keliling, mengaku merasakan hal yang berbeda di program kali ini.

kkn 04, perpusda dan siswa sd komis 1 berfoto bersama

Ketika pertama mobil Perpustakaan Keliling datang ke Lapangan SDN Komis 1, sambutannya sangat meriah dan seolah ditunggu-tunggu oleh siswa-siswi dan teman-teman KKN 04 UMM.

Taufiq berharap untuk lebih digalakkan program-program seperti ini dan akan senang hati untuk diajak kerjasama lagi, demi mensukseskan pendidikan yang lebih baik di Kabupaten Sampang melalui Giat Membaca Buku.