Franky Sadikin: Pilih Bass yang Jarak Senarnya 17,5 mm

0
217
Franky Sadikin mendemonstrasikan bass Sterling by Musicman di MCP Music Festival (fia)

MALANGVOICE – Franky Sadikin malam ini membagikan teknik memainkan dan cara memilih bass yang baik, agar tampil maksimal saat di panggung.

Franky menjelaskan, ada berbagai merek bass beredar di pasaran, karena itu musisi harus pandai memilih, dengan memperhatikan beberapa hal, mulai tujuan membeli hingga budget yang dimiliki.

“Perhatikan beberapa hal saat membeli, salah satunya kerapatan ideal 17,5 mili, karena pas untuk melakukan teknik bass,” jelas Franky.

Mempertimbangkan berat juga penting. Bass yang ideal tidak boleh terlalu berat atau terlalu ringan. Setelah itu, baru menentukan pilihan harga.

“Jika mencari di bawah Rp 4 jutaan, Sterling by Musicman Sub Series bisa jadi pilihan. Karena dengan harga Rp 3,6 juta sudah mendapatkan bass yan performanya bagus,” kata dia.

Di kesempatan sama, Franky juga memberi tips merawat bass yang baik, agar performanya tak turun, meski usianya tak baru.

“Longgarkan senar jika tidak dipakai selama seminggu. Lalu jangan menaruh bass dalam posisi senar menghadap ke tubuh saat membawanya naik motor matic agar tidak merusak fred bass,” urai dia.