FKUB Ingin Idul Fitri Juga Bersamaan

0
87
Abdul Rachim Ismail (fathul)

MALANGVOICE – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Batu, H Abdur Rachim Ismail, berharap pelaksanaan hari raya Idul Fitri mendatang juga bersamaan, sebagaimana awal Ramadan ini.

Menurutnya, kebersamaan akan terasa lebih indah jika bersama-sama memulai puasa dan memulai Lebaran mendatang. Sehingga syiar keislaman juga bisa lebih didengungkan, karena seluruh umat Islam bersatu.

“Kebetulan di sini juga nggak ada pengikut toriqot yang biasanya ada perbedaan pelaksanaan Ramadan dan Idul Fitri,” jelas Abdul Rachim kepada MVoice, di Block Office Batu, beberapa menit lalu.

Namun, sebenarnya dia tidak mempermasalahkan perbedaan hari Ramadan di antara kelompok Islam. Menurutnya, perbedaan menjadi penting, sebagai pelajaran berharga untuk saling menghormati antara yang satu dengan lainnya.

“Esensinya adalah bisa saling memahami, menghormati, dan tidak menghalang-halangi umat lain mau ibadah. Jadi kalau memang nanti Lebaran berbeda hari, ya nggak masalah,” tandasnya.

Penetapan satu Syawal mendatang, lanjutnya, tetap disarankan mengikuti hasil Sidang Isbat Kementrian Agama. Karena di sana semua unsur dilibatkan dan dasar-dasar agama digunakan untuk menentukan satu Syawal.