Festival Musik Pelajar: Siswa Harus Kreatif Mengemas Lagu Daerah

0
36
Agus (anja)

MALANGVOICE – Pada Festival Musik Pelajar Tingkat SMP Kota Malang yang digelar MGMP Seni Budaya Kota Malang pada 14 Februari nanti, siswa SMP peserta kompetisi harus menampilkan lagu-lagu daerah yang dikemas secara kreatif.

Humas MGMP Seni Budaya Kota Malang, Agus Tyas Dewanto mengatakan, genre musik sengaja dibuat sebebas mungkin oleh panitia agar pelajar bisa membuat lagu daerah Indonesia tersebut menjadi menarik.

“Misal lagu cublak-cublak suwung dibuat jazz juga tidak masalah. Yang penting kreatif memadupadankan lagu dengan musiknya,” kata Agus ketika ditemui MVoice.

Demikian, genre musik dan aransemen musik bukanlah tolak ukur utama dalam penilaian juri kompetisi.

” Yang dinilai nanti kekompakannya dan penampilannya, ” tambah Agus.

Lebih lanjut, juri kompetisi didatangkan dari penggiat seni dan dosen di Kota Malang agar penilaiannya lebih objektif dan netral.

Agus berharap kompetisi ini bisa menumbuhkan solidaritas pelajar SMP di Kota Malang dan menanamkan rasa cinta tanah air dan budaya Indonesia melalui musik tradisional.

“Saya juga berharap dinas terkait dan pemerintah bisa menyelenggarakan hal serupa untuk mengembangkan kreatifitas siswa dalam bidang musik, ” tutupnya.