Fauzan: Indonesia Baru Merdeka Secara Politik

0
29
Fauzan di Hellypad UMM (anja)
Fauzan di Hellypad UMM (anja)

MALANGVOICE – Makna kemerdekaan, menurut Rektor Muhammadiyah Malang, Drs Fauzan MPd, adalah ketika sebuah bangsa bisa mandiri memajukan negara tanpa campur tangan asing.

“Kita harus sepaham bahwa kita ini baru merdeka secara politis. Artinya kita memang lepas dari tangan penjajah, padahal hakikat kemerdekaan yang lebih jauh belum bisa kita raih. Seperti kemerdekaan di bidang ekonomi, politik, pendidikan dan bidang lain,” katanya beberapa menit lalu.

Kemerdekaan, lanjutnya, juga tidak sekadar hidup mandiri, namun bagian dari harga diri. Hanya orang merdeka yang mampu mengembangkan potensi dan kepribadian.

Dia menambahkan, institusi pendidikan harus berperan dan berkomitmen kuat untuk menciptakan sarjana berkualitas, terutama dalam menciptakan para ahli berdikari. Yaitu seorang ahli yang punya integritas kebangsaan.

“Bukan mereka yang ahli atau seorang teknolog tapi malah menjual negaranya,” tandasnya.

Oleh karena itu, Universitas Muhammadiyah Malang senantiasa menambah sarana dan fasilitas pendidikan untuk mendukung terlaksanakan integritas semua komponen demi tercapainya kemerdekaan.