Falle, Alat Pengundang sekaligus Pembasmi Nyamuk

0
191
Andy dan Falle (anja)

MALANGVOICE – Karena pernah terkena demam berdarah semasa kecil, Andy Sryansha, alumni Institut Teknologi Surabaya (ITS), ini pun membuat alat pengundang dan pembasmi nyamuk yang disebutnya Falle.

Dia berhasil memadukan dua teknologi audiosonik dan ultraviolet dalam sebuah alat berbentuk kotak ukuran 10 x 10 cm yang terbuat dari kayu jati berlapis kasa.

“Ini menggunakan lampu ultraviolet, karena suhunya sama seperti tubuh manusia, jadi nyamuk tertarik datang, kalau menggunakan lampu biasa, suhunya terlalu panas,” kata dia.

Ia memaparkan, fungsi Falle mirip raket pembasmi nyamuk yang beredar di pasaran, namun didesain khusus agar aman dipegang. Alat ini mampu mengundang nyamuk betina dengan menggunakan suara dengung mirip nyamuk jantan.

“Saya sudah membaca literatur terkait nyamuk. Saat uji coba, intensitas suaranya juga aman bagi manusia,” kata Andy.

Ia juga menjelaskan, Falle mempunyai dua tombol yang bekerja setelah kabel disambungkan ke listrik. Tombol pertama menghidupkan lampu audiosonik dan tombol kedua menghidupkan lampu ultraviolet. Rangkaian penyengat akan bekerja setelah nyamuk betina hinggap di kawat kasa.

Andy menambahkan, Falle dapat bekerja secara efektif jika digunakan di ruangan ukuran 4 x 4 meter. Radiusnya akan berkurang dan tidak efektif untuk mendatangkan nyamuk betina jika digunakan di ruang terbuka.

“Sekarang saya mengembangkan agar lebih portable dan tetap bisa dipakai ketika listrik padam,” tutupnya.