Evakuasi Mandiri Siap Selamatkan Warga dari Bencana Bromo

0
89
Pj Bupati Malang, Hadi Prasetyo, Kepala Pelaksana BPBD, Hafi Luthfi, dan SKPD lainnya saat sosialisasi ke warga.(fathul)

MALANGVOICE – Kondisi alam Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membuat cara evakuasi mandiri untuk penyelamatan warga bila Gunung Bromo mengancam.

Evakuasi mandiri, berarti warga bersama tim tanggap bencana bentukan BPBD yang melakukan penyelamatan sendiri. Karena seluruh jalur evakuasi dan perlengkapan sudah disiapkan jauh-jauh hari.

“Kami sudah hitung semua yang ada di Ngadas, baik jumlah warga per Rukun Tetangga, jumlah ternak, jumlah kendaraan, yang nantinya berguna saat kita evakuasi mandiri,” jelas Ketua Pelaksana BPBD, Hafi Luthfi.

Evekuasi mandiri dipilih karena jalan di Ngadas yang hanya bisa dilalui satu arah. Jika evakuasi normal diberlakukan, malah akan memperlambat penyelamatan. Kendaraan angkut nantinya akan satu arah saja.

“Jadi kalau ada bantuan dari LSM atau kelompok lain peduli bencana, kami akan koordinasikan di posko. Jangan naik turun, jalannya sempit, karena kami sudah siapkan kendaraan evakuasi sendiri,” tambahnya.

Namun begitu, pihaknya bersama seluruh stakeholder berharap agar tidak terjadi bencana yang lebih dahsyat. Karena baru hujan abu saja, aktivitas warga sudah banyak yang terganggu.