Erupsi Bromo, BPBD Siapkan Petugas di Ngadas dan Wringinanom

0
4
Hafi Luthfi (fathul)

MALANGVOICE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang mewaspadai dampak erupsi Gunung Bromo yang kian meningkat.

Warga yang tempat tinggalnya berdekatan dengan Gunung Bromo pun diminta memantau status kesiagaan dari tim BPBD maupun tim lain yang berada di sekitar gunung.

“Desa yang warganya merasakan asap akibat erupsi Gunung Bromo, kemarin, adalah Ngadas dan Wringinanom, keduanya ada di Kecamatan Poncokusumo,” jelas Ketua Pelaksana BPBD, Hafi Luthfi, kepada MVoice.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, BPBD sudah menempatkan dua sampai tiga petugas untuk berjaga di pos dua desa itu. Mereka bergantian jaga sesuai shift sampai dinyatakan aman.

“Sejak 4 Desember lalu hingga kini, Gunung Bromo masih siaga level 3. Erupsi kali ini juga banyak dirasakan warga, bahkan penerbangan juga terganggu,” tambah Hafi.

Tim yang menangani erupsi Gunung Bromo sudah dibentuk, terdiri dari petugas kesehatan, BPBD, PMI, TNI, dan relawan. Tugas mereka membahas jalur evakuasi, logistik, hingga penyediaan masker.-