ER Kukuh Kembalikan Dana Desa

0
68
Eddy Rumpoko. (fathul)

MALANGVOICE – Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, kukuh dengen pendiriannya untuk mengembalikan dana desa (DD) dari pemerintah pusat. Pertimbangannya, keuangan Pemkot Batu bisa mandiri.

“Kalau daerah sudah bisa membiayai mandiri, lalu dananya buat apa lagi? Jadi saya sampaikan ke menteri, saya bukan menolak tapi minta agar pemerintah pusat mengevaluasi daerah yang sudah mandiri,” papar ER, sapaan krabnya.

Sebelumnya, ER sudah bertemu dan konsultasi dengan Menkeu di Malang. Kepada Menkeu, ER berharap pemerintah pusat bisa melihat langsung ke Kota Batu apakah sudah sesuai dengan harapan dengan adanya bantuan dana desa.

Dikatakan, kalau sekarang kemampuan APBD dan kemampuan program sudah berjalan, dana dari pusat tidak dibutuhkan lagi.

“Artinya tidak hanya menggelontorkan dana, tapi ada pencermatan atau ada kondisi yang harus dilihat secara langsung oleh pemerintah pusat,” tambah ER.

Ia memberi contoh pembangunan infrastruktur jalan yang sudah sampai ke desa-desa. Karena kebanyakan jalan di Kota Batu merupakan jalan provinsi, sehingga Pemkot bisa fokus pembangunan jalan penghubung antar desa.

“Saya tidak mau kalau ada dana desa dari pusat masuk, ada kelebihan dana yang kemudian dipakai membuat kegiatan yang tidak efektif. Jadi, ini juga untuk mengefisienkan anggaran,” tandas ER.-