Entrepreneur Harus Peka pada Peluang

0
136
Peserta seminar kewirausahaan saat bertanya kepada pemateri.(fathul)

MALANGVOICE – Menjadi seorang entrepreneur harus punya keahlian khusus yang tidak dimiliki orang lain, antara lain peka terhadap peluang yang ada. Karena saat peluang terlewatkan, jarang akan datang lagi.

Hal itu disampaikan Suluh Wahyu Pambudi, salah satu entrepreneur yang menjadi pemateri dalam acara Seminar Kewirausahaan yang diadakan PT Batu Wisata Resourches (BWR), di Balai Kota Among Tani, hari ini.

“Ayo kita membaca potensi Kota Batu, ada apa saja. Bisa jadi perubahan teknologi dan perubahan arah kebijakan politik jadi ide membuat suatu usaha. Yang penting kita kreatif,” ungkap founder Ilhami Education and Training itu, di hadapan peserta.

Suluh menegaskan, kepekaan entrepreneur muda akan peluang usaha bisa mempengaruhi kesuksesan. Karana bagi seorang entrepreneur, kebutuhan orang-orang di sekelilingnya, baik berupa kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan pada gaya hidup, bisa menjadi peluang untuk membuka bisnis baru.

Sementara Direktur BWR, Bagyo Prasasti, menjelaskan, seminar kewirausahaan merupakan salah satu program kerja BWR untuk mencetak masyarakat Batu yang mandiri. Dengan punya usaha sendiri, tentu mereka bisa bersaing di luar.

“Kita akan lakukan kegiatan ini secara berkelanjutan, makanya peserta kita pilih dengan serius, kita data, dan ke depannya kita pantau. Jadi pesertanya akan tetap sama,” imbuh Bagyo kepada MVoice, di sela-sela kegiatan.

Peserta saat ini, lanjutnya, ada 200 orang, dibagi menjadi 3 kelas. Pertama kelas UMKM yang sudah memiliki usaha, kedua kelas lulusan SMK sebagai sumber daya manusia yang siap kerja, dan terakhir kelompok pelajar yang saat ini berasa di kelas XII untuk menyongsong masa depan.