Empat Pohon Ini Tidak Direkomendasi Ditanam di Pinggir Jalan

0
68
Pohon tumbang di Jalan Ir Sukarno beberapa waktu lalu (istimewa)

MALANGVOICE – Empat pohon tidak direkomendasikan ditanam di pinggir jalan karena rawan tumbang, yakni Randu, Flamboyan, Palem, dan Spatudi atau Kecrutan.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Ahmad Choirur Rochim, mengatakan, empat jenis pohon itu sulit diprediksi kondisinya, sehingga mengkhawatirkan.

“Kemarin ada pohon Spatudi yang ambruk menimpa kabel PLN di Jalan Ir Sukarno, Pendem, Itu masih bagus pohonnya, tapi roboh,” kata Rochim kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Sejak hujan lebat akhir-akhir ini, beberapa pohon tumbang di sejumlah titik di wilayah ini. Karena itu diperlukan ketelitian menanam pohon di sepanjang jalan atau dekat perumahan.

Pohon yang direkomendasikan BPBD supaya ditanam adalah pohon mahoni dan pohon trembesi. Selain akar tunggang yang kuat, daunnya rimbun sehingga bisa mengurangi air yang jatuh ke tanah.

“Empat pohon yang saya sebutkan itu biasanya telihat masih sehat, daun-daun hijau, tapi akar keropos. Termasuk dahannya juga mudah patah,” imbuhnya.-