Empat Pesawat Super Tucano Mendarat di Abd Saleh

0
70

MALANGVOICE – Empat pesawat Super Tucano dengan nomor registrasi TT-3110, TT-3114, TT-3115 dan TT-3116 tiba di lapangan udara Abd Saleh. Empat pesawat itu merupakan bagian dari 16 pesawat yang dipesan pemerintah RI dari Embraer Brazil.

Kontrak pembelian Super Tucano dilakukan dua kali, yakni pada 2010 dan 2011. Kedatangan burung besi itu didatangkan per empat unit sejak 2012.

Empat pesawat terbaru tersebut berangkat dari Brazil pada 15 Februari. Keempatnya akan memperkuat alat utama sistem pertahanan (alutsista) di skuadron 21.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Abd Saleh, Hamdi Londong Allo menjelaskan skuadron udara yang berada di bawah operasional Wing 2 yang bertugas mengoperasionalkan pesawat tempur taktis untuk operasi lawan udara offensif dan operasi dukungan udara.

“Super Tucano merupakan pesawat tempur ringan bermesin turboprop,” jelas dia dalam keterangan resmi yang diterima MVoice.

Dalam acara penerimaan, diadakan tradisi penyambutan yang dihadiri Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI H RM Djoko Senoputro Mm, Dandepohar 30 Kol Tek MY Rudiansyah, Komandan Wing 2, Kol Pnb Mochammad Arifin, dan pejabat lain.