Eksplorasi Kehebatan Wanita di Balik Sosok Cantik ‘Women on Top’

0
157
Pameran foto Women on Top. (Deny)
Pameran foto Women on Top. (Deny)

Pameran foto Women on Top. (Deny)MALANGVOICE – Sebanyak 22 foto karya siswa Sunday School Photography (SSP) dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) Malang, dipamerkan di Warung Mug, Jalan Panglima Sudirman, No 91, Klojen, Kota Malang.

Foto yang mengambil tema ‘Women on Top’, menceritakan tentang kehebatan wanita dalam keseharian, tentang tidak adanya perbedaan gender, kesamaan hak dan banyak potensi di balik sosok wanita yang cantik, sesuai apa yang diperjuangkan RA Kartini.

Ketua PFI Malang, Hayu Yudha Prabowo, mengatakan, seluruh foto dibagi dalam empat sub tema, yakni pendidikan, olahraga, wanita pekerja dan ekspresi. Semuanya, dikerjakan oleh empat siswa SSP.

Pameran foto Women on Top. (Deny)“Pameran itu sebagai tahap akhir siswa SSP sebelum dinyatakan lulus. Kami apresiasi keseriusan para siswa yang mau belajar sejak Februari silam,” kata Gogon, sapaan akrabnya pada Mvoice, beberapa menit lalu.

Pameran yang dibuka secara sederhana sejak pukul 15.00 WIB dan ditutup pada 8 Mei mendatang, diharap bisa lebih berkembang lagi dan para siswa mempunyai keterampilan usai lulus dari SSP.

Di lain pihak, M Iqbal, salah satu peserta pameran, mengambil tema pendidikan karena dirasa sangat kental dengan wanita. Apalagi pendidikan usia dini (PAUD).

Pameran foto Women on Top. (Deny)Mahasiswa Universitas Brawijaya itu menceritakan kehidupan Siti (46), yang berjuang demi keluarga sederhananua dengan mengajar anak-anak usia dini di yayasan yang ia bentuk. Tanpa berharap bergelimang harta, Siti hanya ingin membantu orang kurang mampu di Lesanpuro, Kedung Kandang, Kota Malang.

“Lima foto saya ambil tentang bagaimana kehidupan dan dedikasi beliau tanpa pamrih di Kota Malang yang katanya Kota Pendidikan,” kata Iqbal.

Sama halnya dengan Wahyu Nurdiansyah, dia mengambil tema “Seumpama Sabda Perempuan Adalah Jingga”, menceritakan ekspresi wanita hanya dengan bibirnya. Karena menurut desainer itu, dari bibir wanita bisa muncul banyak hal, kebahagiaan, kebencian bahkan bencana.