Ekspedisi Indonesia Raya (22): Sabar Gorky Cs Peroleh Medali dari KSAL

0
104

MALANGVOICE – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, bertempat di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, menerima kedatangan Tim Ekspedisi Indonesia Raya yang bebetapa waktu lalu telah melakukan pendakian ke Gunung Aconcagua, Argentina selama 20 hari lamanya.

Ekspedisi KSAL4

 

 

 

 

Tim Ekspedisi Indonesia Raya di bawah Koordinator Danpasmar 2 Brigjen TNI Marinir Hasanudin terdiri dari pendaki tunadaksa kelas dunia, Sabar Gorky, beserta lima pendaki TNI dari Korps Marinir, terdiri dari Letkol (Mar) Rivelson Saragih, Kopda (Mar) Sigit Purwoko, Kopda (Mar) Imam Rozikin, Praka (Mar) Erlando B, dan Praka (Mar) Didik Rudiyanto, dan tiga pendaki sipil yaitu, Widya Victoria, Ahmad Syahtiri, Asep Sumantri, serta Promotor Ekspedisi Teguh Santosa, disertai Manajer Ekspedisi Dar Edi Yoga.

Seperti diberitakan, mereka meninggalkan Tanah Air sejak 18 Februari dan tiba kembali 16 Maret 2016. Kegiatan ini untuk menunjukan kepada dunia bahwa orang Indonesia adalah orang-orang yang kuat dan mempunyai jiwa militansi sustainable.

“Hari ini saya sangat bahagia atas kedatangan kembali rekan saya, pak Sabar Gorky dan rekan TNI yang melakukan ekspedisi ke Gunung Aconcagua,” tutur Laksamana TNI Ade Supandi, saat memberi sambutan, kemarin.

Pada kesempatan itu Laksamana TNI Ade Supandi memberikan medali khusus kepada Tim Ekspedisi. Dan Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Marinir Buyung Lalana menyerahkan buku berisikan dokumentasi selama pendakian Aconcagua kepada KSAL.

Ekspedisi KSAL2

Sementara Manajer Ekspedisi, Dar Edi Yoga, mengatakan, Sabar Gorky dengan keterbatasannya telah mampu menaklukan gunung-gunung tertinggi di dunia, dan membawa harum nama Indonesia, serta menginspirasi banyak orang, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Penduduk Argentina sangat mengagumi Sabar Gorky karena keberanian dan perjuangannya mampu mendaki Gunung Aconcagua, kendati hanya memiliki satu kaki,” ungkap Dar Edi Yoga.

Ekspedisi KSAL3

Gunung Acancagua sendiri berketinggian 6.962 meter di atas permukaan laut (mdpl), merupakan gunung tertinggi ke dua di dunia. Gunung ini menjadi gunung tertinggi keempat di dunia yang telah didaki Sabar Gorky.

Sebelumnya, Sabar telah menaklukan Gunung Elbrus di Rusia (5.642 mdpl) pada Agustus 2011, Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika (5.895 mdpl) pada November 2011 dan Puncak Cartensz, Indonesia (4.884 mdpl) pada Agustus 2015.

Program kedepan, Sabar Gorky dan Marinir akan mendaki Gunung McKinley, Denali (6.194 m) di Amerika Utara, Vinson Massif (4.897 m) di Antartika, dan Gunung Everest (8.850 m) di Asia yang merupakan bagian Tujuh Puncak Tertinggi di Dunia.

Keikutsertaan TNI yang diwakili Korps Marinir dalam pendakian bersama Sabar Gorky ini merupakan bagian dari wujud cita-cita TNI yaitu ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’.