Ekspedisi Indonesia Raya (19): Merah Putih Pun Berkibar Di Parrillada El Rancho

0
97

MALANGVOICE – Rombongan tim Ekspedisi Indonesia Raya yang baru turun Gunung Aconcagua, Argentina, berkesempatan dikunjungi dan dijemput Atase Pertahanan (Athan) RI untuk negara-negara di Amerika Latin, Kolonel (Pnb) Budhi Achmadi, yang terbang langsung dari Brasil.

Ekspedisi

“Selamat dan sukses, saya senang semua anggota tim sehat dan selamat,” tutur Budhi kepada Dansatgas Pendakian, Letkol Mar Rivelson Saragih dan Manajer Ekspedisi, Dar Edi Yoga di Mendoza, Argentina, akhir pecan kemarin, seperti dikutip dari RMOL.

Menariknya, ketika sembilan pendaki, termasuk pendaki tuna daksa Sabar Gorky dan lima pendaki TNI yang diwakili anggota korps marinir dijamu makan Athan Budi Achmadi di Cafe Parrilada El Rancho, terdapat banyak bendera dari berbagai Negara di tempat itu. Tapi, tak ada bendera Merah Putih. Kontan situasi menjadi perbincangan seluruh rombongan tim ekspedisi dan atase pertahanan.

Saat itu sang pemilik restoran Hugo Vicktor melayani langsung tim Ekspedisi Indonesia Raya yang langsung ditanya oleh Athan Budhi Achmadi perihal tidak adanya bendera Merah Putih di restoran itu. “Kalau senior punya, silahkan kasih dan kita akan pasang,” jawab Hugo.

Kebetulan rombongan tim Ekspedisi Indonesia Raya selalu membawa bendera Merah Putih ukuran kecil dan besar.

“Kalau begitu, kami minta izin memasang bendera Merah Putih di samping bendera-bendera negara lain,” kata Athan Budhi, yang disambut ramah pemilik restoran. Apalagi Hugo Vicktor tahu, rombongan yang mampir merupakan para pendaki yang baru saja turun dari Gunung Aconcaqua.

Hugo pun secara khusus tertarik dengan pendaki tuna daksa Sabar Gorky dan menanyakan banyak hal, terutama bagaimana Sabar bisa mendaki hingga di ketinggian 6.600 mdpl Gunung Aconcaqua. Seketika suasana begitu mencair, apalagi ditambah kemampuan Athan menterjemahkan seluruh perbincangan tim ekspedisi dengan Hugo Victor dalam bahasa Spanyol.

Suasana makin meriah saat terdengar tepuk tangan dari belasan anggota tim Ekspedisi Indonesia Raya, saat prosesi pemasangan bendera Merah Putih di depan Cafe Parrilada El Rancho. Resmi sudah kini ada bendera Merah Putih dengan ukuran lebih besar dibanding bendera negara lainnya. Saat itu restoran yang tak berapa jauh dari Aconcaqua Park sedang ramai, hingga mengundang rasa ingin tahu pengunjung lain.

Namun situasi meriah tak berhenti dengan pemasangan bendera. Sang pemilik cafe, Hugo Viktor kembali ke dalam, mengambil sebuah botol wine terkenal dari Penintetes untuk diberikan kepada Sabar Gorky. Satu botol lainnya juga diberikan Hugo kepada wartawati Kantor Berita Politik RMOL, Widya Victoria.

“Saya sangat terkesan dengan Sabar Gorky yang dengan kaki satu bisa mendaki Gunung Aconcaqua. Dia punya semangat luar biasa. Karena itu saya ingin memberikan kesan padanya dengan memberi satu buah pisau koleksi saya. Silahkan kembali lagi kesini kalau mampir ke Penintetes,” kata Hugo.

Sabar yang menerima hadiah spesial berupa pisau itu pun sumringah. “Saya memang mau mencari oleh-oleh pisau untuk istri di Solo,” katanya tersenyum.

Seluruh rangkaian situasi terasa mengharukan. Setelah Athan Kolonel (Pnb) Budhi Achmadi, Manajer Ekspedisi Dar Edi Yoga serta Dansatgas Letkol Mar Rivelson Saragih serta rombongan mengucapkan terimakasih atas pemasangan bendera dan segala keramahtamahan pemilik restoran, rombongan pun berpamitan dengan berpelukan dengan menepukkan telapak tangan dua kali di pundak belakang. “Adios Amigo, sampai bertemu lagi.”