Eko: Pilkada Kota Batu Akan Sangat Dinamis

0
100
Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito.(Miski)
Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito.(Miski)

MALANGVOICE-Pelaksanaan Pilkada Kota Batu dinilai akan berlangsung sangat dinamis. Pasalnya, Kota Batu satu-satunya daerah di Jawa Timur yang melaksanakan pesta demokrasi.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito, mengatakan, Pilkada di Batu akan berjalan lancar seperti Pilkada serentak tahun 2016.

“Tahun lalu kan ada 19 kota/kabupaten, sekarang hanya satu daerah. Jadi, bisa dipastikan lebih maksimal penyelenggaraannya,” kata dia, saat menghadiri pelantikan anggota PPK dan PPS, di Hotel Kusuma Agrowisata Batu.

Menurutnya, tingkat partisipasi pada Pilkada serentak di 19 daerah di Jawa Timur sekitar 51 persen hingga 80 persen. Terendah di Kabupaten Tuban, yakni 51 persen dan tertinggi Kota pasuruan, 79 persen. Padahal, target KPU pusat sekitar 77 persen.

Karena itu, ia berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kota Batu mencapai target.”Setidaknya menyusul partisipasi Kota Pasuruan. Dibutuhkan kerja keras penyelenggara mengajak masyarakat datang ke TPS,” ungkapnya.

Pelaksanaan Pilkada Kota Batu berlangsung Februari 2017. Beberapa nama digadang-gadang maju dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Di antaranya istri Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Wakil wali Kota Batu, Punjul Santoso, dan beberapa ketua partai politik.