EH Kampanye Diet Kantong Plastik di SMPN 15 Malang

0
219
siswa membuat tempat sampah
siswa membuat tempat sampah (anja)

MALANGVOICE – Earth Hour (EH) Kota Malang kembali mengadakan aksi. Kali ini di SMP Negeri 15 Malang, atau biasa disebut program School Campaign.

School Campaign merupakan aksi rutin dari Earth Hour Malang untuk mengajak pelajar di Kota Malang peduli dengan lingkungan dan dapat menularkan gaya hidup hijau di lingkungan sekitarnya masing-masing.

Aksi yang dilakukan pagi, hari ini, mengajak semua murid kelas 7, sebanyak 9 kelas. Aksi ini merupakan aksi ketiga yang dilakukan EH Malang, setelah sebelumnya dilakukan di SD Negeri Tanjungrejo 5 Malang dan di SMA Brawijaya Smart School Malang.

Kali ini, aksi mengangkat tema tentang sampah dan Kampanye Beli Yang Baik. Materi sampah dimulai dengan penjelasan jenis-jenis sampah, dan disambung dengan bahaya sampah plastik dan kebijakan kantong plastik berbayar.

Diharapkan,  peserta mengerti tujuan dari dibuatnya kebijakan plastik berbayar tersebut.

siswa membuat tempat sampah (anja)Sedangkan materi Beli Yang Baik merupakan kampanye yang dicanangkan oleh WWF Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia agar dapat menjadi konsumen yang baik dalam memilih suatu produk yang akan dibeli.

Karena masih banyak produk di pasaran yang tidak ramah lingkungan dan membahayakan ekosistem dalam produksinya.

“Kita adalah apa yang kita beli, dan apa yang kita beli adalah apa yang kita dukung. Jadilah konsumen yang cerdas dan bijak dalam memilih suatu produk,” kata Luh Putu Premayoni, kepada MVoice.

Kegiatan dilanjutkan dengan aksi lapangan membuat tempat sampah dari botol plastik bekas berukuran 1,5 liter, dan tas kain dari baju bekas.

Luh berhadap siswa bisa mempraktekkan perilaku recycle yang sederhana di lingkungan sekitarnya masing-masing.

“Jadi kita disini tidak hanya materi-materi aja, namun juga ada praktek langsung,” ucapnya.

Aksi lapangan ini kemudian dilombakan dan bagi kelas pemenang mendapatkan goodiebag sebagai upaya memulai diet kantong plastik dan berpindah menggunakan re-usable bag dalam aktivitas belanja sehari-hari.