Earth Hour, Satu Jam untuk Kemaslahatan Dunia…

0
131

MALANGVOICE – Pemanasan global dan kerusakan lingkungan harus menjadi tanggung jawab setiap individu. Earth Hour Kota Batu, adalah komunitas yang turut andil menanamkan kesadaran dan tanggung jawab akan hal itu.

Ezza Putra Fahmi (anja)
Ezza Putra Fahmi (anja)
Berdiri sejak 3 tahun silam, Earth Hour Kota Batu melaksanakan berbagai macam kampanye bertema lingkungan, antara lain ‘Switch Off’, yakni gerakan mematikan lampu serentak di seluruh dunia selama 1 jam pada pukul 21.00-22.00.

“Menurut penelitian, penggunaan listrik pada jam 21.00-22.00 cukup besar sekali. Jika seluruh dunia mematikan serentak selama 1 jam, ternyata bisa menghemat listrik sebesar 3.400 kilowatt,” jelas Ezza Putra Fahmi, anggota Earth Hour Kota Batu, kepada Mvoice.

Kampanye ‘Switch Off’ diadakan setiap Maret. Terhitung sudah dua kali dilaksanakan di Kota Batu.

“Kegiatan ini selalu dilakukan di Alun-alun Batu, mengundang semua komunitas yang ada di Batu untuk ikut berpartisipasi. Mall juga kami ajak kerja sama,” kata Ezza, panggilan akrabnya.

Selain itu, Earth Hour Kota Batu juga melaksanakan kegiatan rutin setiap minggu, antara lain edukasi ke masyarakat, membudayakan hemat energi ke masyarakat, kampanye hemat air, listrik dan sebagainya.

Anggota Earth Hour Kota Batu tercatat 70 orang. Syarat wajib menjadi anggota, harus berkomitmen menjaga lingkungan agar tetap sehat dan menularkan kebiasaan cinta lingkungan.