Dusun Semanding Pilot Project Tanam Padi Nasional

0
114
Masyarakat Dusun Semanding bersama TNI menanam padi di sawah. (fathul)

MALANGVOICE – Satu hektare sawah di Dusun Semanding, Desa Curungrejo, Kecamatan Kepanjen, menjadi pilot project penanaman padi yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia, pagi ini.

Perwira Staf Teritorial Kodim 0818, Kapten (Arm) Heru Santoso, mengatakan, penanaman padi merupakan instruksi Panglima TNI dalam rangka ketahanan pangan bagi masyarakat pedesaan.

“Sekarang musim hujan, saat dimulainya penanaman serentak, sehingga awal tahun diharapkan bisa panen bersama,” kata Heru Santoso kepada wartawan, beberapa menit lalu.

Dari panen bersama nanti, diharapkan bisa melihat jumlah padi secara keseluruhan untuk dijadikan acuan program ketahanan pangan. Selain itu, tanam bersama bisa mengurangi dampak hama.

“Semua instansi dilibatkan di sini, seperti Dinas Pertanian, Polsek, dan Koramil. Termasuk warga setempat dilibatkan karena mereka yang akan merawat padinya,” tambah Heru Santoso.

Bibit padinya didapatkan dari Dinas Pertanian Kabupaten Malang. Nanti saat panen bersama, hasilnya akan dikelola oleh dinas dan masyarakat sebagai sumbangsih TNI.-