Duduk Terlalu Lama Ternyata Tidak Sehat

0
59
Jangan terlalu lama duduk di kantor. (dudesmodernos.com)

MALANGVOICE – Duduk menjadi aktivitas sehari-hari. Studi menemukan, duduk menyebabkan efek jangka panjang bagi kesehatan. Berikut risiko kelamaan duduk.

1. Sakit Jantung
Orang yang pekerjaannya kebanyakan duduk di kantor, misalnya, ternyata dua kali lebih rentan terkena sakit jantung dari pada orang yang pekerjaannya lebih sering berdiri. Hal ini sebabkan penimbunan lemak di pembuluh darah jantung. Dalam 2 jam duduk saja, HDL (kolesterol baik) turun sebesar 20 persen.

2. Diabetes
Duduk terlalu lama, menaikkan kadar gula darah. Jika terlalu sering duduk, pastikan setiap 30 menit sekali Anda jalan-jalan atau mungkin push-up sebentar.

3. Kanker Usus Besar
Tidak hanya kanker usus, tapi juga risiko kanker payudara, dan kanker rahim. Duduk lebih lama tingkatkan kadar hormon insulin yang memicu pertumbuhan sel kanker.

4. Obesitas
Tubuh membakar 30 persen kalori ketika berdiri dari pada duduk. Kebanyakan duduk menyebabkan enzim penyerap lemak atau enzim lipase tidak bisa bersirkulasi dengan baik. Efeknya, ukuran pinggang jadi lebih besar karena lemak mengumpul di pinggang.

5. Nyeri Punggung dan Pundak
Keseringan duduk sebabkan sakit leher dan kaku otot. Selain itu duduk dengan posisi yang tidak tepat, bisa sebabkan tulang keropos dan pembungkukan.

6. Penurunan Fungsi Otak
Ketika duduk, jalannya darah ke otak untuk kiriman oksigen terhambat. Sehingga otak kekurangan oksigen.

sumber: livelovefruit.com
webMD.com