Dua Hari Kota Malang Dilanda Longsor Bertubi-tubi

0
24
Longsor yang terjadi di Jalan Aris Munandar membuat sebagian bangunan milik Enik Sulikah rusak parah. (Ist)
Longsor yang terjadi di Jalan Aris Munandar membuat sebagian bangunan milik Enik Sulikah rusak parah. (Ist)

MALANGVOICE – Hujan deras beberapa hari terakhir membuat Kota Malang terancam sejumlah bencana alam. Sejak Rabu (23/11) hingga Kamis (24/11) ini saja, tanah longsor melanda sejumlah titik.

BPBD Kota Malang, mencatat, setidaknya sudah tujuh titik mengalami longsor hanya dalam rentang dua hari ini. Salah satu kejadian parah menimpa rumah Enik Sulikah di Jalan Aris Munandar RT 06 RW 03, Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen.

Longsoran tanah berkisar setinggi kurang lebih 15 meter dengan panjang sekitar 10 meter. Akibatnya, dapur milik Etik Sulikah rusak total.

Longsor lain yang terjadi hari ini menimpa belakang kediaman Jari dan Ridwan, warga Gang 3C RT 14 RW 04, Kelurahan Mergosono, Kedung Kandang. Perengan setinggi kurang lebih 7 meter rontok menutupi jalan di gang pemukiman warga.

Di Jalan Kasin Gang Karamat RT 08 RW 003, Kelurahan Kasin, Klojen, longsor juga menghantui penduduk setempat. Di lokasi itu, material longsor bahkan menimpa rumah Naning, salah seorang warga di kawasan itu.

Beruntung, dari semua kejadian yang berlangsung dua hari ini tidak ada korban jiwa. Kendati demikian, Kepala BPBD Kota Malang, J Hartono, mengimbau agar masyarakat tetap waspada, mengingat curah hujan cukup tinggi masih menyelimuti cuaca Kota Malang.

“Kami juga terus berupaya melaksanakan penanganan cepat dengan memaksimalkan potensi yang ada. Kami telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, untuk bantuan logistik maupun tenaga SDM (Sumber Daya Manusia,” pungkas Hartono.