DPRD Kota Bukittinggi Berguru Program Smart City ke Kota Malang

0
79
Kunker DPRD Bukittinggi ke Pemkot Malang

MALANGVOICE – Konsep pengelolaan Smart City menjadi agenda utama dalam Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kota Bukittinggi ke Kota Malang. Para anggota dewan itu belajar konsep smart city yang saat ini sudah menjadi kebutuhan di berbagai daerah.

“Konsep smart city memiliki agenda untuk memperkuat manajemen perkotaan melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Terkait hal itu, maka pemerintah Kota Malang terus melakukan inovasi dan kreativitas guna mendukung program smart city,” kata Staf Ahli Pemkot Malang, Supriyadi, saat membacakan sambutan Walikota Malang HM Anton.

kunkar2

Kecanggihan teknologi secara langsung telah memberikan dampak besar bagi kehidupan masyarakat. Besar dan luasnya pengaruh teknologi itu wajib dimanfaatkan. Selain itu, kemajuan teknologi saat ini juga dapat mewujudkan sebuah daerah menjadi smart city.

“Karena semua handphone pasti ada fitur smsnya, maka kami membuka layanan SAMBAT yang berbasis sms. Semua masyarakat yang tidak punya smartphone pun bisa menggunakan sms dan sampai saat ini responnya luar biasa. Sekarang saja sudah banyak masyarakat yang minta dibuatkan aplikasi agar jika ada jalan berlubang bisa langsung difoto dan dilaporkan,” sambung Kepala Kominfo Zulkifli Amrizal.

Sementara itu pimpinan rombongan Bukittinggi, M. Nur Idris menyampaikan maksud dan tujuannya ke Kota Malang adalah untuk mempelajari program smart city yang sudah diterapkan di Kota Malang dan diharapkan setelah kegiatan ini berlangsung, program smart city dapat diterapkan di Bukittinggi.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan dialog interaktif dan diakhiri dengan tukar menukar cinderamata.