Dorong Wirausahawan Lokal, ER Bakal Batasi Investor

0
12
Eddy Rumpoko saat mendengar ide dan curhatan dari salah satu peserta (fathul)

MALANGVOICE – Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, menegaskan, pihaknya akan memberi perlindungan dan perhatian lebih kepada warga asli Batu yang hendak menjadi entrepreneur atau wirausahawan.

Alasannya, Kota Batu punya pasar luas, karena tiap tahun dikunjungi jutaan wisatawan. Sehingga warga Batu harus punya sense untuk melihat peluang yang ada, biar tidak ada pengangguran di Kota Wisata itu.

“Banyak investor dari luar daerah dan luar negeri yang ingin menginvestasikan uangnya di sini. Kalau kita terima semua, lahan pertanian kita bisa habis,” ungkap ER, sapaan akrabnya, di hadapan peserta pelatihan entrepreneur di Block Office.

Karena itu, Pemkot Batu sangat mendorong bila ada warga yang ingin jadi pengusaha. Termasuk, pihaknya mendorong agar PT Batu Wisata Resources (BWE) membuat pembekalan kepada pengusaha mikro, kecil, dan menengah, serta entrepreneur muda.

“Pemkot berkomitmen melindungi wirausahawan lokal agar memiliki kekuatan di kampung halamannya. Jangan sampai tergeser pengusaha luar daerah,” imbuhnya, disambut tepuk tangan dari peserta.

Beberapa investasi yang masuk ke Kota Batu, lanjut politisi PDIP itu, sebagian adalah investor properti yang dapat dipastikan akan memakan lahan pertanian. Termasuk investor wisata, makanan, dan lain sebagainya.

“Kita harus memiliki kemauan dan kepercayaan saat membuka usaha. Lihat saja Museum Angkut, itu dulu siapa yang percaya akan menggaet wisatawan? Buktinya sekarang menjadi unggulan,” tandas ER bangga.