Dokter Gadungan Tipu “Pasien” Puluhan Juta Rupiah

0
161
Ilustrasi penipuan.
Ilustrasi penipuan.

MALANGVOICE – Irma Raviana (50), warga Perum Mutiara Jingga, Lowokwaru, Kota Malang, jadi korban penipuan oknum berkedok dokter. Akibatnya tabungan korban terkuras hingga puluhan juta rupiah.

Kejadian itu bermula ketika Irma, diberitahu anaknya sedang ditelepon seorang dokter bernama Erwinto, yang mengabarkan adiknya sedang dalam perawatan medis di rumah sakit dan butuh biaya pengobatan.

Celakanya, dalam kondisi panik, Irma langsung mengirim uang senilai Rp 29 juta, karena dokter gadungan itu juga mengaku butuh alat yang didatangkan dari Hongkong untuk operasi anaknya.

Setelah uang itu dikirim, Irma sadar menjadi korban penipuan karena dokter gadungan itu tak bisa dihubungi kembali. Ia sambil kesal kemudian melapor ke Polres Malang Kota.

Kasubbag Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni, mengatakan, kasus itu ditangani Unit Reskrim. Ia mengimbau pada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan telepon yang tidak dikenal.

Kejadian seperti itu kata Nunung, kerap terjadi. “Sudah banyak korban dari modus kejahatan seperti itu. Banyak orang yang terburu-buru panik sebelum mengecek kebenaran,” imbaunya.