Dispenda ‘Bocorkan’ 31 Jurus Tingkatkan Pendapatan

0
4
Kepala Dispenda Kota Malang, Ir Ade Herawanto, memperkenalkan buku 31 jurus Dispenda. (Ist)
Kepala Dispenda Kota Malang, Ir Ade Herawanto, memperkenalkan buku 31 jurus Dispenda. (Ist)

MALANGVOICE – Kiat Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang meningkatkan pendapatan selama ini akhirnya ‘bocor’. Hal itu terungkap dari buku berjudul 31 Jurus Dispenda Kota Malang yang diperkenalkan Jumat (20/10), hari ini.

Perkenalan itu dilaksanakan di sela pembubaran panitia dan pemberian hadiah Lomba Fotografi Instagram Pemuda Sadar Pajak. Kepala Dispenda, Ir Ade Herawanto, menyatakan, perkenalan ini baru berupa pra-launching.

dipenda3

“Untuk launchingnya kami masih menyusun jadwal, dalam waktu dekat kami informasikan,” ungkap Ade, sapaan akrabnya.

Frontman d’Kross Community itu menbambahkan, buku ini merupakan hasil jerih payah tim Dispenda, yang berisi inovasi-inovasi dalam rangka peningkatan pendapatan Kota Malang. “Rentangnya mulai akhir 2013 hingga sekarang, totalnya ada 31 inovasi sudah kami lakukan,” paparnya.

Berbagai inovasi itu akhirnya membuahkan hasil positif. Ratusan miliar bisa dibukukan, sebagai catatan peningkatan pendapatan. Pada 2012 lalu, Dispenda hanya membukukan pendapatan Rp 159 miliar, meningkat drastis pada 2015 hingga Rp 316 miliar lebih.

Artinya, dalam kurun tiga tahun itu, ada peningkatan Rp 157 miliar. “Ini luar biasa dan tidak lepas dari komitmen Wali Kota, H Moch Anton, untuk menggenjot PAD,” tandasnya.