Disnakertrans Bidik Sektor Pekerja Informal

0
63
Kepala Disnakertrans, Bambang Suharijadi
Kepala Disnakertrans, Bambang Suharijadi

MALANGVOICE – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Malang, saat ini tengah mengembangkan sektor tenaga kerja informal sebagai upaya mengurangi angka pengangguran yang ada.

Kepala Disnakertrans, Bambang Suharijadi, mengatakan, fakta bahwa ratusan perusahaan tidak bisa menyerap tenaga kerja yang banyak mendorong pihaknya untuk mengambil terobosan tersebut.

Pengembangan sektor tenaga kerja informal dilakukan dengan cara merekrut para pencari kerja untuk diberikan pelatihan dan dididik agar bisa berkarya di Industri Kecil Menengah (IKM) tentunya bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

“Kita akan benar-benar melakukan pelatihan sehingga produk bisa standarisasi nasional,” kata Bambang, beberapa menit lalu.

Ia menjelaskan, realisasi program itu akan dilakukan pada tahun ini dan anggaran diajukan pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK). “Kami coba cari dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) sebesar Rp 20 miliar untuk pengembangan di lima kecamatan,” tegasnya.